Metode Kooperatif Tipe Round Table dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

A. Gambaran Umum

Pembelajaran pada hakekatnya merupakan proses interaktif yang terjadi  secara langsung maupun secara tidak langsung antara guru dan peserta didik(Rusman, 2010). Belajar mengajar juga merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan peserta didik dan pendidik untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Tugas utama yang harus dilakukan sebagai seorang pendidik adalah mengatur lingkungan tempat berlangsungnya proses belajar mengajar, agar terjadi perubahan perilaku anak didik yang lebih baik. Untuk mencapai tujuan tersebut, pendidik dapat menggunakan berbagai sumber belajar untuk mendukung proses perubahan perilaku peserta didik.

Selain itu, pendidik harus menggunakan strategi atau metode pembelajaran yang membuat peserta didik tertarik dan mudah memahami materi yang diajarkan. Penerapan metode pembelajaran yang tepat diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Yang kita ketahui selama ini bahwa proses belajar mengajar yang dianut oleh guru hanya bersifat satu arah, dan guru hanya menstransfer ilmu kepada peserta didik tanpa lebih memperhatikan proses berinteraksi langsung dengan peserta didik . Pembelajaran ini yang harus diperbaiki. Maka dari itu peran guru sangatlah penting. Kemampuan guru dalam menguasai materi yang akan diajarkan dan caranya dalam penyampaian materi tersebut akan memungkinkan terciptanya suasana yang kreatif dan konduktif. Dalam proses belajar mengajar terdapat banyak mata pelajaran yang diampu oleh peserta didik, salah satunya pembelajaran Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang dipelajari di sekolah dasar mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Proses pembelajaran Bahasa Indonesia menuntut optimalisasi tidak hanya pada aspek materi, tetapi juga aspek penggunaan metode dan teknik pembelajaran di kelas.

Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pemilihan metode pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan sangatlah diperlukan untuk nantinya diterapkan agar peserta didik dapat merasakan betapa bermaknanya proses pembelajaran di kelas. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia ialah metode kooperatif tipe round table, yaitu meja yang disusun membentuk lingkaran dan peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru secara berkelompok.

B. Isi

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia biasanya peserta didik diarahkan supaya aktif dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain belajar bahasa yang optimal memerlukan interaksi yang menempatkan peserta didik pada posisi pengolah informasi yang diperlukan melalui makna dengan guru dan sesama temannya. Dengan meja yang membentuk lingkaran dan peserta didik yang duduk secara berkelompok maka hal tersebut mudah untuk dilakukan. Peserta didik dapat saling berbagi dan memberikan informasi dengan teman kelompoknya.

Metode kooperatif tipe round table sendiri adalah metode pembelajaran yang bersifat kelompok dan merupakan metode yang memberikan kesempatan pada setiap anggota kelompok atau semua peserta didik untuk menyumbangkan kreativitas mereka dari apa yang mereka dapat dan yang mereka pahami melalui tulisan yang ditulis secara bergiliran untuk memecahkan masalah yang ada. Metode ini digunakan sebagai latihan peserta didik merespon dan memberikan jawaban terhadap masalah. Metode ini juga sering disebut meja bundar yang merupakan pembelajaran yang beraktifitas untuk menganalisis, mensintesis serta mengevaluasi pekerjaan pada peserta didik.

Langkah-langkah penerapan metode kooperatif tipe round table ini dapat diuraikan sebagai berikut (Yudha Saputra, 2008) :

  1. Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil yang beranggotakan 4 sampai 5 orang.
  2. Setiap anggota memegang selembar kertas yang berisi pertanyaan yang berbeda-beda, kemudian pertanyaan tersebut dianalisis lalu dicari solusi pemecahannya.
  3.  Dalam waktu yang ditentukan lembar jawaban dari pertanyaan tersebut diberikan kepada anggota kelompok lain untuk dianalisis dan dievaluasi.
  4. Begitu seterusnya sampai pertanyaan tersebut selesai dijawab dan dianalisis.
  5. Dilakukan diskusi kelas untuk mengemukakan, mempertahankan hasil pekerjaannya, dengan giliran berbicara sesuai arah perputaran jarum jam.

C. Penutup

Metode pembelajaran merupakan prosedur yang dibuat secara sistematis dalam menyatukan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Metode pembelajaran kooperatif tipe round table ini dapat digunakan pada setiap mata pelajaran yang ada di satuan pendidikan yang ada. Metode kooperatif tipe round table yaitu pembelajaran yang proses kegiatannya dilaksanakan secara bergiliran, peserta didik merespon pendidik dengan menuliskan satu atau dua kata sebelum menyerahkan kertas yang telah ditulis kepada peserta didik lain yang melakukan hal yang sama (Barkley & Major, 2012).

D. Daftar Rujukan

Annisa, Nurul dan Harni. 2020. Model Kooperatif Tipe Round Table pada Kemempuan Menulis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 4 No. 2. Hlm. 1451-1459.

Budayani, Ira. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Round Table Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri 30 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora. Vol.1. No. 1.

Muhammad, Ali. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (BASASTRA) Di Sekolah Dasar. PERNIK Jurnal PAUD. Vol. 3 No. 1.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari-Hariku Menjadi Mahasiswi