Metode Kooperatif Tipe Round Table dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
A. Gambaran Umum
Pembelajaran
pada hakekatnya merupakan proses interaktif yang terjadi secara langsung maupun secara tidak langsung
antara guru dan peserta didik(Rusman, 2010). Belajar mengajar juga merupakan rangkaian
kegiatan yang dilakukan peserta didik dan pendidik untuk mencapai tujuan yang
telah ditentukan sebelumnya. Tugas utama yang harus dilakukan sebagai seorang
pendidik adalah mengatur lingkungan tempat berlangsungnya proses belajar
mengajar, agar terjadi perubahan perilaku anak didik yang lebih baik. Untuk
mencapai tujuan tersebut, pendidik dapat menggunakan berbagai sumber belajar
untuk mendukung proses perubahan perilaku peserta didik.
Selain
itu, pendidik harus menggunakan strategi atau metode pembelajaran yang membuat
peserta didik tertarik dan mudah memahami materi yang diajarkan. Penerapan
metode pembelajaran yang tepat diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik. Yang kita ketahui selama ini bahwa proses belajar mengajar yang
dianut oleh guru hanya bersifat satu arah, dan guru hanya menstransfer ilmu
kepada peserta didik tanpa lebih memperhatikan proses berinteraksi langsung
dengan peserta didik . Pembelajaran ini yang harus diperbaiki. Maka dari itu
peran guru sangatlah penting. Kemampuan guru dalam menguasai materi yang akan
diajarkan dan caranya dalam penyampaian materi tersebut akan memungkinkan
terciptanya suasana yang kreatif dan konduktif. Dalam proses belajar mengajar
terdapat banyak mata pelajaran yang diampu oleh peserta didik, salah satunya
pembelajaran Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang
dipelajari di sekolah dasar mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Proses
pembelajaran Bahasa Indonesia menuntut optimalisasi tidak hanya pada aspek
materi, tetapi juga aspek penggunaan metode dan teknik pembelajaran di kelas.
Dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia pemilihan metode pembelajaran yang aktif,
inovatif, kreatif dan menyenangkan sangatlah diperlukan untuk nantinya
diterapkan agar peserta didik dapat merasakan betapa bermaknanya proses
pembelajaran di kelas. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk
pembelajaran bahasa Indonesia ialah metode kooperatif tipe round table, yaitu meja yang disusun membentuk lingkaran dan
peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru secara berkelompok.
Dalam
mata pelajaran Bahasa Indonesia biasanya peserta didik diarahkan supaya aktif
dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain belajar bahasa yang optimal
memerlukan interaksi yang menempatkan peserta didik pada posisi pengolah
informasi yang diperlukan melalui makna dengan guru dan sesama temannya. Dengan
meja yang membentuk lingkaran dan peserta didik yang duduk secara berkelompok
maka hal tersebut mudah untuk dilakukan. Peserta didik dapat saling berbagi dan
memberikan informasi dengan teman kelompoknya.
Metode kooperatif tipe round table sendiri adalah metode pembelajaran yang bersifat kelompok dan merupakan metode yang memberikan kesempatan pada setiap anggota kelompok atau semua peserta didik untuk menyumbangkan kreativitas mereka dari apa yang mereka dapat dan yang mereka pahami melalui tulisan yang ditulis secara bergiliran untuk memecahkan masalah yang ada. Metode ini digunakan sebagai latihan peserta didik merespon dan memberikan jawaban terhadap masalah. Metode ini juga sering disebut meja bundar yang merupakan pembelajaran yang beraktifitas untuk menganalisis, mensintesis serta mengevaluasi pekerjaan pada peserta didik.
Langkah-langkah penerapan metode kooperatif tipe round table ini dapat diuraikan sebagai berikut (Yudha Saputra, 2008) :
- Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil yang beranggotakan 4 sampai 5 orang.
- Setiap anggota memegang selembar kertas yang berisi pertanyaan yang berbeda-beda, kemudian pertanyaan tersebut dianalisis lalu dicari solusi pemecahannya.
- Dalam waktu yang ditentukan lembar jawaban dari pertanyaan tersebut diberikan kepada anggota kelompok lain untuk dianalisis dan dievaluasi.
- Begitu seterusnya sampai pertanyaan tersebut
selesai dijawab dan dianalisis.
- Dilakukan diskusi kelas untuk mengemukakan, mempertahankan hasil pekerjaannya, dengan giliran berbicara sesuai arah perputaran jarum jam.
C. Penutup
Metode
pembelajaran merupakan prosedur yang dibuat secara sistematis dalam menyatukan
pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Metode pembelajaran
kooperatif tipe round table ini dapat
digunakan pada setiap mata pelajaran yang ada di satuan pendidikan yang ada. Metode
kooperatif tipe round table yaitu
pembelajaran yang proses kegiatannya dilaksanakan secara bergiliran, peserta
didik merespon pendidik dengan menuliskan satu atau dua kata sebelum menyerahkan
kertas yang telah ditulis kepada peserta didik lain yang melakukan hal yang
sama (Barkley & Major, 2012).
Annisa,
Nurul dan Harni. 2020. Model Kooperatif
Tipe Round Table pada Kemempuan Menulis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal
Pendidikan Tambusai. Vol. 4 No. 2. Hlm. 1451-1459.
Budayani,
Ira. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran
Round Table Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas
VIII-5 SMP Negeri 30 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmu
Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora. Vol.1. No. 1.
Muhammad,
Ali. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia
Dan Sastra (BASASTRA) Di Sekolah Dasar. PERNIK Jurnal PAUD. Vol. 3 No. 1.
Komentar
Posting Komentar